Jumat, 04 Oktober 2013

Penting nya bermuhasaba

Kultum ini saya tulis,saat saya mengisi kultum subuh 12 Oktober 2013
Oleh : Muizzul Hidayat
Kaum muslimin jama’a subuh yang di rahamati
Pada subuh yang berbahagia ini,Allah masi memberikan kita kesempatan ,kesehatan sehingga kita bisa hadir melaksanakan sala satu kewajiban seorang muslim yaitu sholat subuh secara berjama’a
Kemudian selawat beriring salam selalu tak lupa kita sanjung sajikan kepangkuan Alam nabi besar Muhammad SAW. Yang mana beliau la yang telah membawa kita dari zaman kejahiliaan kezaman yang berakhlaktul kharima.seperti yang kita rasakan pada saat yang berbahagia ini
Pada kesempatan ini izinkan lah saya menyampaikan sedikit santapan rohani ,yang mungkin ada manfaat nya bagi saya sendri dan istimewa untuk kaum muslimin yang berhadir di subuh yang berbahagia ini,beruntunglah orang-orang yang melangkahkan kaki nya ke masjid ini .karena setiap langkah yang kita lagkahkan maka Allah Akan menghapus dosa kita dan meniggihkan derajat kita.Insya Allah Amiin..
Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengingatkan kembali pesan dari rasulullah tentang penting nya kita mengintropeksikan diri ,kenapa .?.karena setiap hidup kita tidak terlepas dari yang nama nya penyakit hati,baik iti iri,dengki,atau biasa di sebut sekarang SMS ( Susa melihat orang senang,dan senag melihat orang susa.kalo bgitu yang terjadi .kira2 apa yang terjadi sama kita.kita akan terus larut dalam kesusahan .
Allah SWT berfirman :
$pkšr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qà)®?$# ©!$# öÝàZtFø9ur Ó§øÿtR $¨B ôMtB£s% 7tóÏ9 ( (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# 7ŽÎ7yz $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ÇÊÑÈ  
18. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah Setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Dalam hidup ini kita sering menghadapi berbagai persoalan ,baik itu dalam keluarga kita,lingkungan masyarkat kita ,sehingga yang timbul adalah permusuhan.kebencian yang terus menghantui kehidupan kita.kenapa tidak,orang kita bnyak musuh.!
Seorang ibu mendengar kabar ,bahwa anak perempuan nya terjaring dalam masalah pergaulan bebas.yang menyebabkan anak tersebut hamil di luar nikah.sehinggah apa yng terjadi si ibu menyalahkan suami begitu juga suami menyalahkan istri..bahwkan yang terjadi adalah putus asa.sehinggah tidak heran kita sering mendengar berita ,bunuh diri ada2 saja .kenapa ini bisa terjadi ?
           Seorang muslim ketika di timpa musibah seharus nya dia harus sadar dan sabar ,mengapa ujian tersebut menimpah diri nya.tetapi banyak orang ketika di timpah musibah dia malah ambil keputusan yang sangat2 di benci oleh Allah,.bahkan ada yang sampai seperti bunuh diri tadi .mengingat rasa malu yang di tanggung nya.muda2an kita tidak termasuk kedalam golongan orang2 yang yang celaka
Jadi apa yang kita lakukan jika hal ini terjadi sama kita
Jawabanya singkat yaitu intopeksi diri
Karena sesungnya orang yang rajin bermuhasah diri.ialah orang yang beruntung .dia akan terus memperbaiki diri.sehinggah dia selalu berhati2 dalam berbuat..
Mengingat hadist rasulullah : Orang yang berakal adalah orang yang selalu mengoreksi dirinya,dan memperbanyak amalan untuk bekal mati dan orang yang lemah adalah seorang yang mengikut hawa nafsunya,tetapi berkahayal pahala kepada Allah Ta’ala.
(H.R.Tirmidzi)

Demikian yang dapat saya sampaikan ,muda2han ada manfaat nya..

Wassalmualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes